Mengenal Jenis Mesin Jahit Digital

Diantara beragam jenis mesin jahit, jenis mesin jahit digital lah yang paling banyak diincar oleh pelaku bisnis konveksi. Bagaimana tidak, teknologi canggih yang diembannya menjadi daya tarik sendiri dengan beragam model motif pakaian dapat dibuatnya. Jenis mesin jahit ini merupakan salah satu contoh bentuk perkembangan teknologi yang memudahkan pekerjaan penggunanya.

Apa itu Mesin Jahit Digital?

Mesin jahit digital sendiri merupakan sebuah pengembangan teknologi mesin jahit yang, dimana mesin jahit ini telah dapat digerakkan secara komputerisasi. Mesin jahit ini menggabungkan berbagai komponen mekanik dan elektronik yang bekerjasama dalam menghasilkan beberapa jenis bentuk jahitan. Hal ini dapat dilakukannya karena adanya mikroprosesor dalamnya yang menyimpan berbagai pola, baik untuk jahitan border maupun jahitan dekorasi, dan juga warna.

toko Mesin Jahit di jakarta

Sebelum menggunakan perangkat jahit ini, perhatikan dan pahami terlebih dahulu buku manual (manual book) yang tersedia dalam kemasannya. Selain itu, pengguna juga memerlukan pelatihan singkat untuk menggunakannya karena mesin jahit ini berbeda dengan mesin jahit dengan teknologi dibawahnya. Meskipun begitu, perangkat jahit ini mampu bekerja secara otomatis dengan sistem komputerisasi. Mesin ini dapat berhenti sendiri ketika terjadi pergantian warna.

Secara garis besar, apakah pengoperasian mesin jahit ini dapat dikatakan mudah? Jawabannya adalah ya. Mesin jahit ini akan memudahkan penggunanya dalam membuat pola yang diinginkan. Pola akan tercantum dalam panel kontrol. Selain itu, terletak pula berbagai settingan lainnya seperti setting langkah jahitan, pilihan jenis jahitan, lebar jahitan, dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Digital

Dengan menggunakan mesin jahit digital, pengguna akan mendapatkan berbagai manfaat yang tidak didapat bila menggunakan jenis mesin jahit manual maupun elektrik. Berikut adalah kelebihannya.

  1. Mmputaran yang lebih halus dan mudah untuk diatur/dikontrol.berbagai manfaat yang tidak didapat bila menggunakan jenis mesembuat jumlah jahitan yang lebih banyak.
  2. Memiliki hasil jahitan yang lebih baik.
  3. Memiliki dInamo dengan putaran yang lebih halus dan mudah untuk diatur/dikontrol.
  4. Memiliki jumlah fitur yang lebih banyak, lengkap, dan canggih seperti:
  • Adanya pengamanan yang lebih tinggi sewaktu menggunakan jarum ganda.
  • Menggunakan lampu penerangan berjenis LED yang awet dan hemat listrik.
  • Posisi jarum dapat diatu sesuai kebutuhan ketika mesin dihentikan/berhenti.

Meskipun dilengkapi dengan berbagai keunggulan, namun mesin jahit digital masih menyimpan beberapa masalah dan kosekuensi dari berbagai keunggulannya tersebut, diantaranya adalah,

  1. Memiliki banderol harga yang lebih tinggi.
  2. Menggunakan dinamo yang lebih sulit dicari dan mahal harganya.
  3. Penggunanya dituntut untuk memahami dan melatih diri sebelum menggunakan jenis mesin jahit ini.

Mesin jahit digital diciptakan untuk menjawab perkembangan teknologi dan tentunya memudahkan pekerjaan penggunanya dalam dunia konveksi. Pahami cara penggunaannya sebelum menggunakan jenis mesin jahit ini agar nantinya hasil dapat maksimal. Siapkan pula dana yang cukup untuk membelinya, seperti kata pepatah, “Ada harga ada rupa”. Semoga dengan mengetahui lebih dalam jenis mesin jahit digital dapat membantu konsumen memilih mesin jahit yang terbaik.atau anda bisa cek harga di toko mesin jahit di jakarta

Mengenal Jenis Mesin Jahit Digital